4:56 PM

La Luna - Bulan


Bulan selalu menjadi komoditi utama imajinasi liar ku
Menurut ku atau paling tidak menurut imajinasi ku bulan adalah seorang putri angkuh yang bahkan tidak sudi menjejakkan kakinya ke bumi ini, tapi pada suatu waktu putri angkuh ini merasa bosan karena selalu sendiri dia mulai tertarik menengok ke bawah (baca:Bumi) secara tak sengaja wajahnya terlihat oleh satu makhluk bumi yang dianggap paling antagonis oleh kebanyakan makhluk bumi, Serigala.

yah itulah salah satu imajinasi ku tentang obyek angkasa yang satu ini.
berikut ini ada beberapa fakta tentang Bulan yang aku temukan.

Asal - usul bulan tidak diketahui secara pasti, tetapi ilmuan menemukan bukti besar bahwa Bulan berasal dari tubrukan bumi dengan planet kecil yang bernama theira sekitar 3 milyar tahun yang lalu, dan menghasilkan debu yang berjumlah sangat banyak dan mengorbit di sekeliling bumi dan akhirnya debu mengumpul menjadi bulan. Pada awalnya jarak bulan pada pertama kali hanya sekitar 30.000 mil atau 15 kali lebih dekat dari jarak Bulan dengan Bumi sekarang. Dari hasil penelitian Bulan menjauh sekitar 3,8 cm per tahunnya.

Bulan adalah satu-satunya satelit alami Bumi, dan merupakan satelit alami terbesar ke-5 di Tata Surya. Bulan tidak mempunyai sumber cahaya sendiri dan cahaya Bulan sebenarnya berasal dari pantulan cahaya Matahari.

Jarak rata-rata Bumi-Bulan dari pusat ke pusat adalah 384.403 km, sekitar 30 kali diameter Bumi. Diameter Bulan adalah 3.474 km, sedikit lebih kecil dari seperempat diameter Bumi. Ini berarti volume Bulan hanya sekitar 2 persen volume Bumi dan tarikan gravitasi di permukaannya sekitar 17 persen daripada tarikan gravitasi Bumi.

Bulan beredar mengelilingi Bumi sekali setiap 27,3 hari (periode orbit), dan variasi periodik dalam sistem Bumi-Bulan-Matahari bertanggungjawab atas terjadinya fase-fase Bulan yang berulang setiap 29,5 hari (periode sinodik). Massa jenis Bulan (3,4 g/cm³) adalah lebih ringan dibanding massa jenis Bumi (5,5 g/cm³), sedangkan massa Bulan hanya 0,012 massa Bumi.

Bulan yang ditarik oleh gaya gravitasi Bumi tidak jatuh ke Bumi disebabkan oleh gaya sentrifugal yang timbul dari orbit Bulan mengelilingi bumi. Besarnya gaya sentrifugal Bulan adalah sedikit lebih besar dari gaya tarik menarik antara gravitasi Bumi dan Bulan. Hal ini menyebabkan Bulan semakin menjauh dari bumi dengan kecepatan sekitar 3,8cm/tahun.

Hm.. thanks to wikipedia, setelah baca-baca fakta di atas tambah juga pengetahuan tentang bulan yang sebenarnya, tapi kayanya aku lebih tertarik sama bulan dalam versi imajinasi aja... hehehehe...

0 comments: