4:30 PM

Serigala




Aku selalu tertarik sama yang namanya serigala... semenjak kejadian bodoh waktu SMA dulu. hehehe...


Secara umum, serigala mempunyai tinggi sekitar 60cm sampai 80cm (26-32 inci) dan berat sekitar 23-59 kilogram. Biasanya serigala sekali beranak melahirkan 4 hingga 6 anak. Induk serigala biasanya mengandung selama 63 hari sebelum lahir. Saat lahir ukurannya mungil sekali, hanya sekitar 500 gram.

Saat lahir matanya terpejam, dan baru bisa terbuka sekitar dua minggu kemudian. Di umur dua minggu dia berlatih berjalan, dan kira-kira seminggu kemudian baru berani keluar sarang. Di umur tiga tahun mereka mulai makan daging yang di bawakan induknya. Serigala dewasa dalam kelompoknya membantu menjaga anak-anak. Bila anak-anak serigala sudah berumur sekitar 8 minggu, serigala dewasa meninggalkan sarang dengan membawa anak-anak itu ke tempat terbuka. Di tempat terbuka inilah para serigala dewasa berkumpul untuk tidur, bermain atau makan.

Seperti anjing, serigala suka melolong. Serigala melolong karena berbagai alasan. Untuk menyatakan posisi terhadap kawan nya, untuk menjaga teritorial, tapi bisa juga melolong karena memang ingin melolong. Di malam yang sunyi senyap lolongan serigala bisa terdengar dari jarak 120 mil. Menurut para ilmuwan ada dua spesies srigala di dunia yakni srigala abu-abu (canis lupus) dan serigala merah (canis rufus). Populasi serigala di seluruh dunia di perkirakan ada sekitar 200.00 ekor. Padahal menurut ilmuwan, dahulunya ada sekitar 2 juta ekor serigala di seluruh dunia.

Serigala selalu di identik kan dengan peran antagonis dalam banyak cerita rakyat dan dongeng, namun pada kenyataannya sifat dasar mereka hampir mirip dengan anjing yaitu setia, penyayang, dan cerdas. Contohnya mereka selalu hidup secara berkelompok, dan cara mereka menyayangi anak-anak mereka.

Selanjutnya aku akan selalu menulis tiap fakta baru tentang hewan luar biasa ini.

0 comments: